Belasan Hektar Lahan dan Puluhan Pondok di Objek Wisata Babah Dua Lhoknga Terbakar

Belasan Hektar Lahan dan Puluhan Pondok di Objek Wisata Babah Dua Lhoknga Terbakar
Kebakaran di objek wisata Babah Dua.(Foto: ist)

JANTHO, METROPOLIS.id | Sedikitnya 15 hektar lahan dan puluhan pondok wisata kuliner milik pedagang di objek wisata Babah Dua, Lhoknga, Aceh Besar terbakar, Jumat (21/2/2020).

Juru Bicara (jubir) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Iqbal mengatakan, informasi kebakaran diterima oleh pihaknya sekira pukul 14.10 WIB.

Berdasar data Pusdalops, kata dia, sekitar 15 hektar lahan terbakar dalam peristiwa itu. Selain lahan warga, juga ikut terbakar 22 pondok kuliner di lokasi wisata Babah Dua.

"Api pertama terlihat dari pintu gerbang arah masuk ke Lampuuk dan sudah menjalar ke area tempat wisata kuliner di pantai tersebut," katanya.

Dalam kejadian tersebut, juga ikut terbakar satu pondok yang digunakan sebagai tempat istrahat dan pondok pemilik kebun.

"Banyak titik api sehingga sudah membahayakan dan mulai mengarah mendekati pemukiman warga," katanya.

Kata dia, tujuh unit armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 18.00 WIB.

Petugas sempat mengalami kesukitan saat melakukan pemadaman, dikarenakan terdapat banyak titik api yang sudah menyebar serta faktor angin yang berhembus sangat kencang.

Proses pemadaman ini dibantu oleh TNI, Polri dan masyarakat.

"Untuk penyebap kebakaran sendiri diduga akibat pembakaran sampah yang dilakukan tanpa pengawasan," katanya.

Rubrik:Daerah