Begini Cara Pemdes Meuko Muegit Pijay Manfaatkan DD untuk Penguatan Ekonomi Warga

Begini Cara Pemdes Meuko Muegit Pijay Manfaatkan DD untuk Penguatan Ekonomi Warga

metropolis.id Pemerintah Gampong Meuko Meugit, Kecamatan Jangka Buya, Pidie Jaya (Pijay) memprioritaskan Dana Desa (DD) untuk kegiatan penguatan ekonomi masyarakat.

“Untuk tahun 2021 ini, kami prioritaskan program penguatan ekonomi masyarakat pada alokasi dana desa,” kata Keuchik (kades) Gampong Meuko Muegit, Muksalmina, Senin (7/6/2021).

Program penguatan ekonomi yang dilakukan, kata dia, diantaranya ternak ayam potong dan budidaya ikan air tawar.

Untuk tahap pertama, kata dia, pihaknya sedang mempersiapkan pembangunan dua kandang dan satu unit gudang.

“Rencana kami nantinya di bawah kandang ayam akan dikita buat kolam ikan,” ujar Muksalmina.

Untuk merealisasikan program penguatan ekonomi tersebut, kata Muksalmina, pemerintah desa telah mengalokasikan dana dana desa sebesar Rp. 220 juta.

“Rencananya ke depan kami akan bekerja sama dengan perusahaan bibit ayam potong yang ada di Aceh untuk memasok bibit ayam di kandang ini,” jelasnya.

Sementara TA Infrastruktur P3MD, Fadlun, ST mengatakan, sangat mendukung program yang dicanangkan Gampong Meuko Meugiet tersebut.

 “Secara teknis kami melihat pembangunan kandang sudah memenuhi unsur teknis, diharapkan relaisasinya lebih cepat penyelesaian pembangunan,” ungkap Fadlun.

Lebih lanjut, kata Fadlun, pihaknya berharap program ini menjadi contoh bagi desa lain di Pijay dalam merealisaikan program dana desa untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDG,s) sebagai salah program prioritas Kemendes.

“Kami juga berharap seluruh desa lain di Pijay terus menggali potensi yang ada sebagai program prioritas penguatan ekonomi desa,” tutupnya.

Rubrik:Pidie Jaya
Hut pijay