Bayam dan Enam Makanan Melindungi Diri dari Corona

Bayam dan Enam Makanan Melindungi Diri dari Corona
ILUSTRASI bayam yang bermanfaat untuk mempercantik kulit. (Foto: quora.com)

METROPOLIS.id | Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di sejumlah negara, menjadikan masyarakat harus meningkatkan upaya pencegahan, termasuk mulai menjaga makanan untuk melindungi diri dari virus berbahaya tersebut.

Pola makan sudah harus diperhatikan, mulai dari pemilihan bahan makanan yang akan dikonsumsi sampai menentukan jam makan yang teratur.


Selain menyehatkan badan, upaya tersebut tentunya menjadi salah satu cara yang efektif untuk melindungi diri dari serangan virus Covid-19.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan yang mampu melindungi diri dari virus Corona atau Covid-19.

1. Sayur Bayam

Mengonsumsi bayam menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi diri dari virus Corona atau Covid-19. Sayuran ini mengandung vitamin dilengkapi dengan antioksidan, serta beta karoten yang mampu membantu tubuh melawan infeksi sistem kekebalan tubuh dan virus jahat.

Bayam juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, K, serta mineral utama yang baik untuk tubuh, seperti asam folat, magnesium, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

Kadar serat dan antioksidan tinggi serta kalori dan lemak yang sedikit pada bayam bisa membantu meningkatkan sistem imun sebagai pencegahan virus Covid-19, jika dikonsumsi secara teratur.

2. Sayur Brokoli

Mengonsumsi brokoli secara rutin juga mampu melindungi diri dari virus Corona. Hal itu disebabkan karena sayur hijau tersebut kaya akan vitamin A, C, E, mineral dan antioksidan yang bisa melawan sumber penyakit.

Antioksidan dari brokoli inilah yang berperan aktif membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh. Sehingga, tubuh akan terasa tetap kuat dari sebelumnya.

3. Ikan Berlemak

Lemak ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan lemak hewan lainnya. Bahkan, nutrisi pada ikan sangat ampuh melawan penyakit.

Kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9 bisa membantu mengurangi gejala melawan radang, sindrom metabolik, dan autoimun.

Jenis ikan berlemak yang bisa dikonsumsi sebagai upaya pencegahan virus Corona, seperti salmon, tuna, sarden, mackerel, dan herring. Sebaiknya, mengonsumsi makanan ini kurang lebih sebanyak dua porsi dalam satu minggu, dengan kadar setiap porsi sekali makan sekitar 80 gram.

4. Jahe

Jahe sejak lama dipercaya mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Bahkan, rempah ini juga bisa meredakan sakit kronis dan menurunkan kolesterol.

Kandungan curcumin pada jahe juga dipercaya ampuh menangkal virus Corona sehingga tubuh bisa terlindungi. Jahe juga mengandung senyawa beta karoten dan capsaicin yang berperan aktif dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

5. Kunyit

Kunyit dipercaya bisa mengobati beragam penyakit berat seperti kanker dan meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus. Sehingga, jika mengonsumsi rempah-rempah ini bisa menekan virus Covid-19 dalam tubuh.

6. Temulawak

Temulawak mengandung nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan. Curcumin yang ada di dalam tanaman obat ini sangat berkhasiat meningkatkan fungsi ginjal dan anti radang.

Kandungan vitamin pada temulawak juga mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika mengonsumsinya secara rutin, temulawak dipercaya bisa melindungi diri dari virus Corona atau Covid-19.

7. Buah Sitrus

Buah sitrus juga dipercaya mampu membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan bibit penyakit lantaran kaya akan vitamin C.

Beragam jenis buah sitrus, seperti lemon, anggur, jeruk nipis, jeruk mandarin, grapefruit bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi agar terlindung dari virus Corona. []

Rubrik:Hiburan
Sumber:Tagar.id