Baru 50 Gampong yang Ajukan Pencairan APBG di Pidie

Baru 50 Gampong yang Ajukan Pencairan APBG di Pidie

SIGLI, metropolis.id Sebanyak 50 gampong (desa) dari total 730 desa yang ada di Kabupaten Pidie, telah selesai mengajukan permohonan pencairan Dana Desa (DD) Tahun 2021.

“Hingga April 2021, baru 50 desa yang menyelesaikan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG)  tahun 2021 dan dalam proses pengajuan pencairan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” kata Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAP3MD) Kabupaten Pidie, Ibrahim Syamaun, kepada metropolis.id, Rabu (7/4/2021).

Rendahnya penyelesaian APBG 2021, kata dia, mengakibatkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terkendala. 

"Keterlambat ini mungkin juga karena proses pengesahan APBK juga terlambat. Kita berharap cepat selesai APBG-nya, apa lagi puasa di depan mata," kata Ibrahim.

Sesuai dengan Rencana Percepatan Penyelesaian dan Pencairan Dana Desa 2021, kata dia, para tenaga ahli mengambil langkah untuk mendukung percepatan kinerja pemerintahan gampong dalam proses penyelesaian APBG 2021 agar tuntas secepatnya. 

“Kita juga meminta Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk ekstra mengawal Tim Angaran Pemerintah Gampong (TAPG) agar berpacu dengan waktu dalam menuntaskan APBG 2021,” katanya.

Rubrik:Pidie Jaya
demokrat