Banjir Luapan Terjang Dua Kecamatan di Aceh Jaya

Banjir Luapan Terjang Dua Kecamatan di Aceh Jaya

CALANG, METROPOLIS.id | Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur kawasan Aceh Jaya sejak Sabtu sore, menyebabkan debid air sungai meningkat hingga meluap ke pemukiman warga di dua kecamatan.

Berdasarkan data diterima dari Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya, banjir luapan yang terjadi sejak pukul 22.25 WIB telah merendam 10 desa di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya dengan kentinggian air rata-rata 20 hingga 100 cm.

Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Setia Bakti dan Kecamatan Darul Hikmah.

Di Kecamatan Setia Bakti, banjir luapan menggenangi dua gampong yakni Gampong Sapek (53 kk) dan Gampong Pante Kuyun (30 kk)

Sementara di Kecamatan Darul Hikmah, banjir merendam Gampong Babah Dua (50 KK); Gampong Lam Teungoh (85 KK dan 50 kedai); Gampong Panton Krueng (39 KK); Gampong Ujong Rimba (15 KK) Gampong Paya Santeut (23 KK); Gampong Baro (17 KK); Gampong Masen (55 KK) dan Gampong Krueng Tho (33 KK)

Saat ini, pihak TRC BPBK Aceh Jaya juga telah meninjau ke lokasi serta mengerahkan rubberboat guna mengevakuasi korban terdampak.

Selain itu, upaya yang dilakukan saat ini termasuk pengecekan debit air di titik banjir dan mendata kerugian serta korban yang terdampak, untuk memastikan bahwa tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

"Debit air untuk sementara belum kembali normal, tadi dilokasi turut dibantu masyarakat, TNI, Polri, Tagana, RAPI, Satgas SAR Aceh Jaya, PMI serta relawan lainnya," pungkas petugas BPBD Aceh Jaya, Destian Yurisfan.

Rubrik:Aceh Jaya