Breaking News

Awan Menyerupai Tsunami Juga Selimuti Langit Aceh Singkil

Awan Menyerupai Tsunami Juga Selimuti Langit Aceh Singkil
Awan menyerupai tsunami selimuti langit Aceh Singkil.(METROPOLIS.ID/SYAFAR TANJUNG)

SINGKIL, METROPOLIS.ID Fenomena gempulan awan hitam menyerupai gelombang tsunami menyelimuti langit Aceh Singkil, Sabtu (24/10/2020).

Pantauan metropolis.id, gumpalan awan hitam pekat yang dilapisi warna putih di bagian atasnya itu menyelimuti langit Aceh Singkil sekira pukul 11.30 WIB.

Awan menyerupai tsunami muncul sekitar 30 menit, dan terlihat jelas di wilayah Ketapang Indah, Kecamatab Singkil Utara. Tak lama kemudian, kawasan Aceh Singkil dan sekitarnya diguyur hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Mohd Ichsan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Mohd Ichsan, kepada Metropolis.id meminta masyarakat untuk tetap waspada, terutama mereka yang melakukan aktifitas di LAUT.

"Mengingat saat ini kondisi cuaca di Aceh Singkil masih berpengaruh dengan badai lanina, serta daerah kita juga masuk ke dalam fase akhir tahun, biasanya curah hujan tinggi dan diikuti badai," katanya.

Fenomena alam ini sebelumnya pernah terjadi di Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya.

Baca: Langit Nagan Raya Kembali Diselimuti Awan Hitam Bergelombang

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Meulaboh - Nagan Raya, Angga Yudha mengatakan, fenomena awan bergelombang itu disebut kumulonimbus.

Rubrik:Aceh Singkil