Atasi Corona, Anggota DPRK Aceh Jaya ini Ajak Eksekutif dan Legislatif Duduk Bersama

Atasi Corona, Anggota DPRK Aceh Jaya ini Ajak Eksekutif dan Legislatif Duduk Bersama

CALANG, METROPOLIS.id | Anggota DPRK Aceh Jaya dari Partai PNA, Hazami, mendorong agar pemerintah bersinergi dengan DPR dalam menghadapi persoalan wabah virus Corona saat ini.

"Saya mengusulkan pihak eksekutif duduk bersama legislatif untuk mencari solusi akibat pengaruh bencana yang sedang kita hadapi," kata Hazami, Jumat (27/3/2020).

Akibat pemberlakuan lockdown dalam rangka menghadapi bencana virus covid-19 atau virus corona yang kini menghantui masyarakat, kata dia,
banyak pihak yang tidak bisa melakukan aktivitas.

Salah satu efek yang dirasakan masyarakat sekarang adalah, terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok (Sembako) seperti gula pasir dan lain-lain, terutama di Aceh secara umum dan Aceh Jaya khususnya.

"Imbas dari Covid 19 ini sangat luar biasa, selain mematikan korbannya juga bisa mematikan sendi-sendi ekonomi dan akan berdampak pada sosial kemasyarakatan," katanya.

Selama ini, kata dia, Aceh sangat ketergantungan dengan Medan, Sumatera Utara. Hampir seluruh kebutuhan masyarakat, baik pokok maupun kebutuhan lainnya didatangkan dari Medan.

Mengingat adanya larangan gubernur Sumut untuk tidak mengeluarkan gula pasir dari wilayah itu, kata dia, akan berefek pada terus melonjaknya harga gula di Aceh, terutama di Aceh Jaya yang harga gulanya mencapai angka 27.000/kg.

Pemerintah, kata dia, dalam hal ini perlu mengambil langkah-langkah antisipatif terhadap persoalan tersebut, mengingat umat muslim akan menghadapi bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri yang kebutuhan masyarakat lebih banyak.

"Kita khawatirkan harganya semakin tidak terkendali, kita sama-sama tau pemerintah akan kesulitan mencari sumber anggarannya. Apa lagi sekarang kita sedang disibukkan dengan bencana dunia yaitu covid 19 yang menguras tenaga dan pikiran pemerintah dan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit," terang Hazami.

"Efek dari bencana ini juga perlu dipersiapkan oleh pemerintah untuk mengantisipasinya, karena setiap ada bencana pasti ada resiko dan ekses/efek dari bencana tersebut terutama sosial dan ekonomi, saya rasa kalau kita duduk bersama setiap persoalan akan mampu kita hadapi."

Rubrik:Aceh Jaya
PT SBA