Breaking News

55 Desa di Agara Tak Ikut Bimtek di Medan

55 Desa di Agara Tak Ikut Bimtek di Medan

KUTACANE, Metropolis.id Sebanyak 220 orang perangkat desa di Aceh Tenggara tak mengikuti bimbingan teknis (bimtek) kewenangan desa yang digelar di Hotel Santika Dyandra Kota Medan, Sumatera Utara. 

Bedasarkan Surat Bupati Aceh Tenggara Nomor: 140 / 392 Tentang Pelaksanaan Bimbingan Teknis Percepatan Penataan Kewenangan Desa, estimasi peserta sebanyak 1.320 orang, terbagi dalam tiga gelombang dari 4 peserta utusan per desa.

Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Tenggara, Zul Kanedi mengatakan, ratusan peserta yang tak ikut dalam bimtek yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Eksekutif dan Legislatif Indonesia (Puskulatif) itu, berasal dari 55 desa.

Kata dia, desa yang tak turut serta itu didominasi dari Kecamatan Tanoh Alas dan Babul Rahmah.

“Selebihnya ada dari beberapa desa dari kecamatan lainnya yang ketepatan tak masukan ke program desa,” kata Zul Kanedi, Rabu (21/10/2020). 

Terpisah, Camat Tanoh Alas, Madun Kamil, membenarkan tak satu pesertapun dari kecamatannya ikut bimtek tersebut, akibat tidak masuk dalam program desa.

"Dari 14 desa di Kecamatan Tanoh Alas, tak satu desa pun yang ikut serta," katanya.

Untuk diketahui, bimtek desa ini adalah kerjasama antar Apdesi dan aparatur desa, pelaksanaan dipercayakan kepada Puskulatif yang ditunjuk oleh Kemendagri. 

Rubrik:Aceh Tenggara