12 Tenaga Kesehatan di Aceh Terpapar Covid-19, Ini Pesan Kadinkes Aceh

12 Tenaga Kesehatan di Aceh Terpapar Covid-19, Ini Pesan Kadinkes Aceh

BANDA ACEH, metropolis.id Sebanyak 12 tenaga kesehatan di Provinsi Aceh terpapar covid-19. Tenaga kesehatan yang terpapar tersebut merupakan perawat dan dokter yang menangani pasien covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr. Hanif menyebutkan tenaga medis yang postif terpapar covid-19 tersebut masing-masing 7 orang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh; 2 orang bertugas di RSUD Meuraxa Banda Aceh; 1 orang di RS Bhayangkara Banda Aceh; dan 2 orang di Aceh Tamiang.

“Sebagian dari mereka terpapar virus korona dari pasien yang ditangani, seperti pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berobat ke puskesmas, padahal dia positif covid-19 karena tidak ada gejala,” kata Hanif, Senin (29/6/2020).

“Ada juga dengan berobat ke unit gawat darurat (UGD) dengan kecelakan lalu lintas, padahal orang yang kecelakaan mengidap covid-19.”

Hanif berharap, tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 lebih berhati-hati. Karena para tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Kasus ini, kata hanif, menjadi intropeksi diri Dinas Kesehatan dan para pertugas kesehatan lainya. Agar memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien apa pun harus lebih hati-hati.

“Ketika melayani pasien, tenaga medis harus memperhatikan beberapa titik. Seperti memasang ventilator yang berhubungan dengan pasien; kedua, pada saat membuka baju alat pelindung diri dan juga masker. Hal tersebut bisa jadi sudah  terkontaminasi,” katanya.

Rubrik:Banda Aceh